ke jakarta sebentar

1:51 AM

yolo!

Jadi ceritanya, saya belom pernah ke Jakarta. Pernah sih, tapi ya cuma nengok sehari-sehari gitu. Itu aja dari dalem bis karyawisata. Desa banget ya saya? Iya. Banget. Sekalinya dulu, waktu itu lagi di dalem bis karyawisata, jadi ya ga bisa disebut resmi. Pas itu, bus berada di jalan yang macetnya banget. Sampai-sampai, di luar sana, orang jalan itu jauh lebih cepet daripada saya yang ada di dalem bis. Resek ya? Padahal saya ngga tahan macet, jadilah saya orang yang anti-jakarta. Sangat anti sehingga berdoa kalo kerja janganlah kesana. Misuh-misuh aja kerjaannya ntar.

Tapi ya akhirnya saya kesana kemarin. Bisa dibilang resmi udah kesana karena udah nginjekin kaki di ibukota. Jalan-jalan. Naik taksi. Naik busway. Ke sevel. Ke mall. Ke A&W. Ke kampung-kampung yang jalanannya sempit. Beli makanan dari yang seporsi 25 ribu sampai ternyata ada juga yang entah kenapa masih jual 9 ribu seporsi. Oh itu dapet apa cuma 9 ribu? Dapet nasi goreng pake telor dobel. Lumayan banget lah yaa. Lumayan banget kalo buat Jakarta katanya. Ya kalo di Jogja juga lumayan sih jadinya kalo telornya dobel, cuma nasinya emang agak dikit sih. Tapi enak. Yang jual dari Ngawi.

Di Jakarta ngapain katamu? Oh biasalah, ikutan semacam kursus. Training gitu, terus pas coffee break basa-basi cari link biar dapet kartu nama. Tapi ini Jakarta men, ga bisa cuma pake "monggo-monggo" terus bisa ngobrol enak. Lu harus gaul bro, harus bisa-basa-basi-kesana-kemari. Tapi saya ngga ngerti, dan juga malas, makanya banyak diem, atau ngobrol-nggosip sama Laret si teman perjalanan. Tapi ya terus ngga ansos juga lah, ngobrol-ngobrol juga bentar sama orang yang kayaknya enak. Terutama sama Pak Totok. Saya kenalan sama 3 orang yang semua namanya entah kenapa Totok. Dan tiga-tiganya baik. Alhamdulillah.

Ngomong-ngomong, disana saya sehari-hari jalan kaki. Namanya orang desa, ke kota yang gedungnya tinggi-tinggi ya seneng liatnya. Apalagi dasar ilmu yang saya pelajari juga kebetulan nyangkut bangunan juga. Asik aja ngeliatinnya. Sok komentar kritis kalo gedung yang ini aneh banget bentuknya, yang itu kok kacanya ditutup sebagian, ga dapet daylight dong? Gimana sih arsiteknya? Dan sebagainya. Oh naik busway juga sih, tapi karena sempet nyasar karena salah masuk pintu, lebih baik ga usah diceritain. Lebih baik cerita kalo kamu jalan di pinggir jalan tol, ya sangar aja gitu. Liat macet. Liat banyak penjual makanan kaya siomay ato mi ayam di bawah jembatan penyebrangan. Liat macet. Liat mobil-mobil masuk jalur busway. Liat macet. Liat cewek-cewek baju seksi tapi pede aja jalan di trotoar. Liat macet lagi. Liat macet terus yah? Yang liat aja bosen, gimana yang di dalem situ. Ya mungkin lebih enak sih, kan di dalem mobil. Kan ada AC-nya. Ada musik. Ada radio. Ada twitter. Ada pacar? Engga sih kayaknya, banyakan yang sendiri tuh.

Oh saya sempet ketemu Bimo si temen SMA dan Vachera, di Giant. Ceritanya pas itu iseng banget mau beli jajan. Di Giant. Iya, Giant yang ada di Jogja itu, ternyata di Jakarta juga ada. Padahal ga tau kalo si Bimo ada di Jakarta, udah kerja juga ternyata di eriksen, ngekos di Mampang juga, deket tempat saya numpang nginep, yaitu di kosan Kecap si temen Bulaksumur. Itu pas ketemu, berasa kaya Tuhan itu beneran ada ya ternyata? Bisa bikin kebetulan yang pas banget. Alhamdulillah lagi. Makan juga akhirnya dia yang bayarin. Alhamdulillah lagi.

Setelah beberapa hari disana, dan juga udah kena doktrin training bangunan ramah lingkungan, sepertinya, saya harus mulai jatuh cinta dengan kota ini, seberapapun orang bilang kota ini rusak dan sakit. Sepertinya sih, saya agak ragu juga. Selain karena "pasar" saya ya kebanyakan ada disini, sepertinya kota ini memang harus dihidupi, yah minimal ada saat dari hidup kita untuk gimana caranya merasakan ibukota yang keras. Sekeras bapak-bapak yang jual siomay, yang jam 11 malem masih keliling kampung buat jualan. Sekeras bapak-bapak dari Ngawi yang jual nasi atau mi goreng jawa, yang masih standby sampai jam 12 malem. Sekeras mas dan mbak yang pake seragam trans tv, yang jam 1 malem masih lewat-lewat aja di depan kosan, yang sama juga jam 7 pagi parkiran motor yang jelek banget di samping gedungnya itu udah penuh. Sekeras si Kecap yang bangun terus pergi jemput pacar terus ke kantor sampe malem terus pulang lagi langsung tidur. Sekeras si Dea temennya Laret yang masih muda udah bisa punya staff di yunikuro.

Sepertinya memang saya harus jatuh cinta kepada kota ini. 

Saya memang sudah kembali ke zona nyaman saya. Ke kota penuh mimpi. Yogyakarta. Kota yang kamu bisa hidup enak banget, apalagi kalo kamu punya motor. Kota budaya. Kota pelajar. Kota makanan murah. Kota tempat membangun mimpi. Saya ingat percakapan sampah saya dengan Bimo. Jogja itu zona nyaman banget. Tapi ya kalo kamu mau hidup, mau dapet kerja yang layak, ya ke Jakarta-lah. Tapi ya, sebelom kesini, harus susun strategi dululah biar selamat. Iya. Insyaallah.

Saya sudah di Jogja lagi. Perjalanan yang cuma sebentar, tapi cukup berarti. Lebih berarti karena untuk pertama kali saya naik pesawat. Yes. Oh tapi mumpung masih di zona nyaman, semoga bisa menyusun rencana-rencana buat nanti ketika sudah harus berada di luar kotak. Terimakasih Jekerdah, sampai bertemu lain kali kalau memang jodoh. Yuhu~


ps: seharusnya saya punya waktu luang buat nonton teater JKT48, tapi karena telat buka website, jadi ketinggalan buat beli tiket. haw haw sayang banget padahal RKJ, lain kali deh semoga~

You Might Also Like

3 comments

  1. hahahay.. ditulis og piye.. ternyata ican jancuk jg di jkt ndan.. ini kite mau hangout..

    ReplyDelete
  2. trs anak2 stan jg lg di jkt, si kendo juga mau kemari.. elo sih balik cepet2..

    ReplyDelete
  3. baru juga aku mau nanya bay, "Kamu ga nonton jeketi theater dan ketemu si cindy gula?" hahaha

    ReplyDelete