Pelajaran

6:22 AM

Ya semua pasti ada hikmahnya. Apa apa pasti ada, ya kan? Sakit ya biar istirahat. Ngga punya uang biar besok belajar hemat. Ngga lulus ya biar belajar lagi. Bangun kesiangan ya besok-besok jangan begadang.

Semakin kesini, semakin sadar bahwa ya ngga semua bisa kamu samain. Hikmah emang harus diambil setiap saat. Tapi harusnya sih ngga cuma diambil doang terus dibuang. Atau dibiarin di kulkas sampai kadaluarsa. Sampai busuk. Saking busuknya, sampai kamu males buang ke sampah karena sudah bau. Kalau memang hikmah diambil, ya harusnya dipegang terus. Biar kalau salah ga diulangin, kalau udah bener ya biar tambah bener. Tapi nyatanya, ya emang ga gampang. Mengambil pelajaran emang gampang, mengaplikasikan pelajaran yang didapat pada pengalaman selanjutnya, itu susah. Apa yang kamu bilang sebagai pelajaran, ya ga bisa disamain ketika kamu mengalami hal yang dulu bisa kamu ambil pelajarannya. Sama kayak alarm yang terus-terusan kamu snooze tiap pagi, padahal kamu tahu masang alarm jam segitu buat apa.

Tapi ya ga sesusah itu juga harusnya. Semakin kesini, semakin sadar bahwa memang ada saatnya untuk begini dan begitu karena pengalaman yang lalu-lalu terbisik lagi. Supaya kamu jadi dewasa. Supaya kamu makin bijak. Kalau di sekolah, pelajaran selalu diulang-ulang biar kita mudeng, mungkin memang juga kaya gitu. Harus bener-bener didalami. Dingertiin. Kita emang ga akan pernah lepas dari salah. Tapi ga ada salahnya juga kalau setelah ini, kita semakin ngerti kemana langkah yang bakal diambil. Karena kadang, jalan yang kita ambil ga selalu gampang buat atret terus balik arah.

You Might Also Like

0 comments