cerita-cerita pendakian

1:02 AM



[tulisan panjang]

Cerita-cerita tentang perjalanan itu selalu bikin kangen. Karena bikin kangen, ada baiknya kita ga usah sering-seringlah traveling, atau naik gunung. Biar tetep kangen. Biar nggak bosen. Segala yang berlebihan itu ga baik, hahaha..

..padune ga ada duit
..ga ada temen juga

..sigh

Jadi begini!

Pada dasarnya, saya adalah salah satu dari mereka yang entah kenapa suka naik gunung. Padahal serius, naik gunung itu capek. Capek banget! Sampe ketika kamu sudah berjalan kira-kira setengah jam dari basecamp, kamu akan menyadari bahwa.. ngapain sih ini?! Jalan-jalan ga jelas gini, bawa carrier yang berat pula, mana jalannya naik lagi, mana ga sampe-sampe, mana setelah dua jam jalan dan ga ada tanda-tanda kita udah sampe pos, temen-temen sependakian mulau berkicau tentang "mana ini posnya? udah mau nyampe belom sih?".  Apalagi kalo pendakian malem, apalagi kalo hujan, apalagi kalo angin kenceng dan badai. Tambah capek. Tambah ngrasa kurang kerjaan. Kurang kerjaan banget ga sih ya di alam antah berantah gini? Mending ya di rumah, tiduran sambil youtube-an video JKT48, sambil makan indomie cabe rawit atau ngemil oishi pillow, terus minum futami. Oh indahnya hidup. Eh tapi sebenernya di gunung bisa juga sih makan indomie cabe rawit sama ngemil oishi pillow terus minum futami. Tapi ya ga bisa sambil selonjoran di kasur yang empuk sambil selimutan. Bisa juga sambil nggelesor di tanah, dan dingin udara gunung, dan sembribit angin yang ga berhenti-berhenti. Seratus ribu persen lebih enak di rumah.

Tapi ya dasar, mau gimana lagi? Gimanapun naik gunung itu adalah candu. Sebenernya ini klise dan kayaknya juga udah banyak yang pamer, tapi di atas awan itu ya emang kece abis. Udara di gunung itu mau kamu ke mana juga, ga ada yang bisa ngalahin. Keren deh.  Ketika kamu udah di bawah, rasa pengen pamer foto-foto sama orang-orang, temen, apalagi gebetan buat modal mbribik itu juga nilai tambah banget, hahahaha.. Tapi tetep deh, mau gimana-gimana gitu juga ga ada alasan buat ga naik gunung. Karena ya "because it's there" gitu deh. Quote siapa gitu lupa. Google aja.

Tapi sekarang ini jadi agak sedih gitu sih. Pertama, sayanya jadi jarang naik entah kenapa. Mungkin sibuk. Sibuk bermalas-malasan. Kedua, mungkin ini nyinyir banget sih, tapi orang-orang yang naik gunung, apalagi karena paska liat film 5cm, biasanya ya naiknya gitu deh. Aturannya beda sama yang naik karena emang suka. Aturan murni pengen keren aja. Pengen hipster gitu. Bajunya flanel terus pake kaos "keep calm and climb the mountain" warna merah, pake syal, pake celana jeans sama sepatu gunung, terus pake kacamata sama slyaer. Tidak lupa pakai parfum dan bawa cewek yang juga kece. Bawaannya kayak udah yang paling bisa foto, tapi juga paling narsis. Fotonya dikeren-kerenin pake DSLR, udah gitu difilter, terus kasih '[isi nama orang yang dinyinyirin]-photoworks', terus dipost di seluruh sosial media, terutama instagram, sambil kasih hashtag #bukan_dunia_maya, sambil lagi-lagi dikasih filter. Selo mas! Terus yang paling parah, kalo ketemu pendaki lain ga nyapa. Cuma sibuk sama rombongannya sendiri. Terus sampah juga ga diurusin banget. Buang aja seenaknya. Potong pohon buat dijadiin api unggun juga ga pake aturan. Terus ngambil bunga edelweiss buat gebetan di bawah. Terus kalo naik sama yang udah pengalaman, temennya yang itu dijadiin seolah-olah babu serba bisa yang nyiapin mulai dari tenda dome, api, sampe dibikinin makan. Sedih banget ga sih?

 
mati kau pendaki hipster! 

Yah gitu deh pokoknya. Sebenernya ya gapapa juga. Toh gunung juga bukan punya anak mapala aja. Toh buat naik gunung juga ga perlu pake digembleng sama kakak-kakak senior. Kalo mau mah tinggal naik aja. Toh sebenernya kalo dibilang yang paling berhak nyinyirin kita ya penduduk desa yang tinggal di sekitaran jalur yang kita lewatin itu. Yang jadi kotor sama pendatang yang entah siapa karena mereka ngga kenal. Ngasih uang juga enggak kan. Eh ngasih ding kak, tapi cuma uang parkir, sama uang asuransi yang ga seberapa (dan masih aja banyak orang protes!). Sama kalo beli makan. Sama seenaknya ngasih pipis dan eek di wc-nya. Tapi ya emang naik gunung itu kan buat semua orang sebenernya. Asal resiko tanggung sendiri karena kamu cuma bayar berapa sih sama asuransi? Tapi ya itu sih. Lebih bagus lagi kalo pake aturan sama adatnya orang biasa naik gunung. Nyapa sama orang-orang, norak gapapa tapi jaga aturan, buang sampah dijaga terus dibawa turun, lebih bagus lagi kalo sambil ngambil sampah yang dibuang si hipster tadi. Keren lah kamu.

Oh ngomong-ngomong naik gunung, ada anime jepang yang lucu gitu tentang naik gunung. Judulnya Yama No Susume. Jadi ceritanya ada dua orang cewek moe yang suka naik gunung gitu. Eh satu sih, satunya lagi dipaksa, tapi ya jadi suka juga. Disana diceritain kalo di Jepang gunung-gunung itu diurusin jadi keren gitu. Jalurnya jelas banget, kaya di-dak, sama dikasih pembatas. Terus ada yang jualan juga, mulai dari semacam okonomiyaki, nasi kepal, terus apa gitu yang bulet-bulet ditusuk. Sama suvenir juga gantungan kunci lucu bentuknya kayak tupai sama serangga gitu. Tapi lucu. Jadi kayak maskot gitu. Dan itu letaknya di deket puncak gitu. Ada semacam kran air mancur juga di sana-sini, jadi kalo minum lebih enak. Ada level pos pendakiannya gitu, jadi kalo mau naik dari atas tinggal naik kereta gantung. Asik deh! Coba gunung di Indonesia ada yang dibikin kaya gitu, pasti kece. Dan terutama juga gunung jadi lebih bersih soalnya ada yang ngurusin.



Hem hem yaudah itu aja. Namaste \m/

You Might Also Like

0 comments