intersect: antara ngaidol dan alay

2:05 AM

hellyeah!

Seperti yang mungkin sudah kita ketahui bersama, kehidupan manusia Indonesia dari 2012 sampai 2013 ini (ya mungkin kalo kamu hipster, udah kenal dari 2011) sarat akan warna baru di blantika musik dan pergaulan sosial manusia-manusia masa kini, yaitu apa? yaitu ngaidol. Terutama adalah karena kemunculan sister group idol kece dari jepang ke jakarta, yaitu JKT48. Kehidupan dan pergaulan sosial baru ini kemudianlah yang akan menjadikan keuangan insan muda Indonesia terutama lelaki (ya cewek juga ding kadang-kadang) menjadi seret karena harus membeli CD dan DVD album Heavy Rotation dan baru-baru ini single River yang harganya diatas harga CD kebanyakan, beli photo pack yang random, ke Jakarta-ke theater di fx, beli kaos, beli official guide book, beli lightstick, nonton konser kalo ke daerah, ke dashyat atau apalah nama musik show lain kalo ada show, gathering dengan fans, dan lain-lain, dan lain-lain yang bikin kita bisa merasa tambah dekat dengan oshimen kita. Dan juga masih harus susah-susah update gosip yang jarang ditemuin di cek n ricek atau insert. Dan harus rajin-rajin ke forum buat dapet info terkini. Dan harus rajin-rajin buka twitter buat liat ucapan selamat pagi-siang-sore-malam-udah makan belum-udah solat-dan-lain-lain sambil twitpic muka oshimen kita yang lucu. Dan mungkin hal-hal lain yang orang lain tidak bisa bayangkan seperti menulis fanfic, menulis fans-letter, memberi gift, ke bandara, dan lain-lain sehingga dengan itu kita akan merasa semakin dekat, semakin, dan semakin dekat dengan oshimen kita. Kehidupan yang susah sebenarnya. Hem hem.. tapi ya gimana ya, anak-anak jekate, terutama Sonya sama Cigul itu lucunya kebangetan je.

Oh apa? Kamu tidak tahu apa yang dari tadi saya bicarakan?
Oh ya ampun, baiklah.

Jadi begini!

iniloh jekate48 yang kita idolakan bersama, kebangetan banget kalo ga tau!

Mungkin kamu adalah orang-orang seperti beberapa rekan saya di kehidupan nyata, yang masih merasa iki selo banget ngaidol gitu, ngabis-ngabisin tenaga banget sih. Padahal rak yo twitmu gak bakal dimention balik mbok kamu mention setiap menit. Tapi ya gimana yaaa~ Ngaidol itu adalah sebuah aktivitas yang menyenangkan sih. Liat foto sama vidio-vidio G+ Cindy Gulla itu bikin berasa lupa sama pacar sendiri sih~ *ups


"kamu milih aku atau pacarmu?"
aaa... jelas milih kamulah kak cindy xoxo
*njuk digampar pacar*

Tapi ya gitu deh, kebanyakan dari kita mah, apalagi orang lokal sini, yang namanya nyinyir itu banget. Kehidupan pergosipan yang biasa muncul cuma dalam lingkup ibu-ibu arisan, mencuat ke dalam ranah dunia maya. Maka dari itu, mental harus disiapkan karena kebanyakan dari kita yang ngefans biasanya bakal di-judge vvota, atau lebih parah lagi: alay. Padahal yaaa, nggak juga sih ya? Ya kadang bisa iya sih kalo kebangetan. Tapi kan kalo sehat ya engga juga. Lagian ngaidol itu kepuasan batiniyah yang cuma bisa dirasakan sama kita yang ngefans aja. Tapi sekali lagi ya gitu deh orang lokal sini. Belum apa-apa udah ngejudge. Lama-lama, yang mainstream oleh rakyat kebanyakan tadi (dan juga masuknya orang-orang baru yang berlebihan dan aneh dalam hal ngaidol) akan dicap oleh mayoritas jamaah dunia maya sebagai orang yang alay.

Jadi contohnya kayak dulu tuh, ngetik k4YaK g1nI, kita semua mengakui kalau itu dulu gaul dan kece abis, sms pake huruf gede kecil, apalagi ke gebetan, itu hal yang kece-banget. Terus bikin friendster pake nama-nama yang misal bayoe angin gunung itu gahul. Tapi karena masuknya orang-orang baru yang okelah kita katakan kampungan karena (dan cuma karena) emang berasal dari daerah (kampung), terus kita gengsi, terus kita minder, terus kita hujat habis-habisan orang-orang baru yang meniru kebiasaan tadi. Kita katakan alay-lah, atau apalah. Padahal ya dulunya generasi kita-kita juga yang menciptakan kebiasaan kaya tadi itu. Munafik ya? Ya tapi ya emang fail sih tulisan gede-kecil-angka. Ribet aja gitu.

Tapi ya, sekarang ini, kehidupan ngaidol sudah diserang oleh jamaah-jamaah dunia maya yang semakin beringas. Dibikinin meme kalo ngaidol itu aneh dan dikasih stigma yang bermacam-macam ragam sehingga mungkin beberapa dari kita yang ga kuat mental akan menyembunyikan identitas dan terutama oshi-men nya. Hah, kebiasaan sih emang sini mah. Kalo di jepang, mereka kan cuek aja, tapi kalo di Indonesia dengan tingkat kehidupan sosial yang terlalu dekat, ya jadi gitu deh.

salah satu judgement terhadap fans, beberapa bener sih tapi ya ga segitunya kali!
ini yang lebay siapa?!

Ya emang sih kegiatan ngaidol bagi sebagian orang itu emang aneh, tapi ya kita sebagai insan muda ngaidol harus bisa memposisikan diri dalam ibadah per-idol-an. Kalo emang mau beli DVD 50 biji biar bisa handshake 8 menit sama oshimen kita, ya udah beli aja gapapa, asal njuk jangan jadi aneh di twitter pamer-pamer. Atau mention oshi kita 24x7 hari, itu udah ga sehat mas namanya. Atau beberapa hal yang kaya gambar di atas kayak ga cuci tangan abis handshake sama oshi. Hal-hal yang kaya gitu yang bikin jamaah ngaidol dapet stigma aneh. Yah gitu deh..

Sama jangan buta kalau udah ngaidol sih. Jangan terus di hp, di laptop, di soundcloud, isinya lagu jekate48 semua. Di media jejaring sosial juga isinya jekate48 doang. Ngaidol boleh tapi jangan lupa sama kehidupan dunia nyata. Saya juga sih, masih ndengerin band-band kece lain selain JKT48 kayak blur, led zeppelin, the beatles, dan bahkan metallica, sama the sigit, sama melancholic bitch juga, sama yang lain-lain yang mainstream atau indie. Bebas. Kalo emang buat beli apa-apanya jekate48 tapi ga punya duit ya ga usah nyolong dari mama, atau jual ginjal. Ngaidol dalam batas wajar aja, karena toh kalo mau Cindy Gulla jadi pacarmu ya cara satu-satunya adalah dengan menggebet dirinya yang itu sangat tidak mungkin kecuali kamu tetangganya, atau kamu temen sekelasnya, atau kamu adalah orang paling kaya dan tampan sedunia, atau kamu adalah Greyson Chance. Nah, karena kamu bukan, maka ya mari hidupilah dunia nyata, cari gebetan juga yang bisa digebet dunia nyata. Jangan hidup di area delusi. Sekali-sekali ajalah kalo itu mah. Kalo ga dapet-dapet ya berarti belom cukup usaha, kan impian ada di tengah peluh, usaha keras tak akan mengkhianati. Yes!

Jadi yah gitu deh saudara-saudara. Gimana juga kita para fans juga semacam korban dunia marketing yang kejam sih. Yang harus beli ini itu yang mahal biar kita bisa berasa deket. Tapi ya teteplah, walaupun gitu ambil postifnya. Kita juga kan semangat kalo si oshi ngucapin semangat ke kita kan yaa.. Semoga stigma-stigma ga enak juga ga tertancap pada para idola kita. Lagian, JKT48 juga kurang kece apa sih? Udah bisa konser di Tokyo Dome yang ditonton 48ribu orang secara live di Jepang sana, belom yang nonton di TV, atau youtube. Kece abis! Go Internasional banget!

ini baru yang namanya go international, dan ga pake koar-koar

Yes gitu aja.
Hidup ngaidol! Oi oi oi~

*beberapa gambar bener-bener diambil dari hasil google tanpa hak cipta, maklumlah yaa sekali-sekali*

You Might Also Like

2 comments

  1. yang mesti ditiru, akb48 dan sister group nya di kelola dengan sangat baik. Artis indonesia mana ada yang begini. trus mau jkt, mau k-pop, apapun pasti ada aja kok fans yang super gitu. macam apple fanboy lah. ya itu pilihan sik. inget umur juga. hahaha

    ReplyDelete
  2. Hahaha iyasih, dan tiap ada hal2 hip, pasti juga ada haters, yah mau gimana lagi? :))

    ReplyDelete