skena-skene musik jaman profil page masih bisa bling bling

1:45 AM


Tadi malam saya nonton Sore di The Parade. Err aneh banget kalimatnya. Sore itu maksudnya band Sore, band yang ngebikin SRM Management. Kalau ngga pernah denger, mungkin tahu lah soundtrack janji joni yang funk the hole, atau yang lebih populer di film berbagi suami dia ngisi soundtrack yang pergi tanpa pesan. The Parade itu acara yang biasanya sih dulu orang kenal namanya kick fest. Pameran baju-baju distro anak gaul masa kini. Target marketnya biasanya anak-anak transisi dari masa cuma kenal baja hitam ke masa kenal musik-musik emo atau punk. Eh masih ada gak sih musik emo? Haha yah gitu deh. Anak-anak ABG gitu. Masa-masa penuh aktualisasi diri dan ingin dipuji dari semakin aneh unik penampilanmu.

Malam tadi Sore tampil habis FSTVLST. FSTVLST itu sebenernya band jaman lawas. Dulu namanya Jenny, dan dia adalah salah satu band yang nampil di pengalaman nonton pensi pertama saya 7 tahun lalu, sekitar tahun 2006an. Tempatnya di UPN dulu, lupa pensi dalam rangka apa. Ada The Frankrover, Super Mario Bros (kalo gak salah namanya), ada apalagi lupa. Tapi band puncak habis Jenny saat itu adalah The SIGIT. Dulu The SIGIT gak kaya sekarang. Belom gitu-gitu terkenal amat. Single-nya masih "Did I ask yer opinion". Ternyata besok minggu The SIGIT juga nampil di The Parade. Udah 8 tahun berselang, dan seolah musik tidak bergerak. FSTVLST masih juga bawain "mati muda", seperti 8 tahun lalu. The SIGIT udah jarang sih bawain "did I ask yer opinion", mungkin udah lupa juga pernah punya lagu itu, tapi black amplifier kayaknya masih bakal dibawa.

Di pensi tadi (duh udah jarang banget denger kata pensi), Sore juga bawain lagu-lagu lawas juga. Bawain lagu-lagu semacam somon libres, apatis ria, funk the hole, dll dll. Ada lagu baru juga sih, tapi tetep yang singalong-able ya lagu-lagu jaman SMA dulu. Jadi kepikiran. Terakhir nonton pensi kayaknya ya pas di Jakarta kemaren. Nonton Joyland. Band-nya sangar-sangar sih. Ada white shoes and the couples company, rock n roll mafia, banda neira, dialog dini hari, dan yang paling sangar: the trees and the wild. Tapi itu di ibukota sih. Di jogja? Terakhir kayaknya JKT48. Oh Sheila on 7 deh kemaren. Kalo yang sok kating ej gitu mungkin pas Melbi kemaren. Itu aja udah lamaaaa banget, berapa bulan yang lalu.

Jadi kepikiran, akhir-akhir ini Jogja jarang ada pensi sih ya. Jadi jarang juga ada yang ngundang band-band (sok) indie gitu. Dulu jaman awal kuliah, denger kata indie udah rada kegelitik, sok kating ej, sok hipster (dulu belom ada kata hipster). Sekarang sih, yang ada malah kangen. Kangen jaman nemu musik-musik antah berantah pas didengerin ternyata sangar. Kayak dulu nemu band-band macem Sore, Monkey to Millionaire, The Upstairs, The Adams, The Brandals, Sajama Cut (dulu pernah muter Less Afraid sampe beratus-ratus kali), dan band-band lain yang udah lupa saking banyaknya. Band-band gawean aksara records. Tapi itu dulu. Sekarang?

Ada sih band-band baru. Ada banda neira, ada payung teduh, ada l'alphalpha, morfem, dialog dini hari, tiga pagi, bangkutaman, dsb. Tapi di ibukota sana kan? Atau di Bandung. Tapi di Jogja? Dulu pas jaman pensi masih sering diadain sama anak-anak SMA, masih ada nama-nama kayak Frau, Melbi, RSTH, dan err.. SKJ 94. Tapi sekarang? Terakhir lihat pensi adanya Finest Tree, Everyday, dan berapa bulan kemaren sempet ada Jasmine. Cuma 1 pertanyaan yang ada: Why Jogja? Why?
 
Err.. Yah, gitu deh. Mau kritik-kritik juga ga bisa main musik juga sih. Udah (mulai) tua juga. Semoga aja anak-anak SMA jaman sekarang juga masih melek musik bagus. Gak cuma sibuk ngaidol jeketi fortieit aja. Semoga muncul lagi band-band bagus, entah indie atau major. Apa aja boleh. Malaysia aja udah mulai bikin rame skene indie Indonesia lagi tuh di kanal the wknd di youtube. Jakarta juga mulai rame lagi. Band-band indie lawas jaman 7 - 8 tahun lalu juga udah pada mulai bikin album kedua ato ketiga. Semoga, setidaknya, musik bisa seasik jaman myspace dulu. Jaman sering nemu musik indie random yang abis didengerin ternyata keren. Jaman profile page aja masih indie juga, masih bisa ngedit css layout sama background terus dikasih teks glitter biar bling-bling. Semoga akan terus asik, seasik mbak-mbak di depan saya tadi yang singalong sepanjang pensi dengerin Sore.

Funk the hole!

You Might Also Like

0 comments