Tulisan Paska Pendakian

9:00 PM

Tulisan ini ditujukan kepada orang-orang yang membantu kita biar bisa balik ke Jakarta setelah mendaki Gunung Ciremai. Buat yang baca cara naiknya aja disini.

Pertama adalah Bayu (kenapa namanya sama?) dan timnya, pendaki asal kalau ga salah sih Cirebon. Adalah karena dia kita bisa pulang ke Jakarta lagi. Rokok, walau bikin badan jadi kaya di bungkusnya yang ngeri itu, kadang emang juga ngasih manfaat dalam hal komunikasi antar pria begini. Begini ceritanya. Kita sudah mulai ngobrol sejak awal pendakian. Ketemu berkali-kali di jalan. Dan sempet ngopi dan ngerokok bareng di Cigowong waktu perjalanan pulang. Disitu saya cerita kalau pas perjalanan kesini nyarter angkot harganya 250 ribu--sementara itu Mas Marlens nantang mandi temennya Bayu di WC yang tadi diceritain, gak ngerti gimana mikirnya mereka mah. Lanjut, dia bilang kalau "kok mau-maunya mas? haha itu mah kemahalan" dan semacam itu. Gimene ye. Lalu turun naik apa? Turun mau ngangkot juga lagi? Iya, Bay. Tapi angkot udah ga ada kalau udah lebih dari jam 5. Sementara itu sekarang aja udah jam 4 sore. Lalu dia nawarin buat "ntar sama kita aja nyarter angkotnya, kita naik motor, sampeyan nebeng aja, tak anterin sampe bawah terus tak carterin soalnya kalo jalan kaki dari basecamp jauh". Tawaran menarik banget.

Sampai di bawah, di basecamp, saya langsung nemuin Bayu. Alhamdulillah masih ada. Singkat cerita, sesuai dengan tawaran, saya nebeng ke bawah ikut rombongan Bayu (tanpa mandi), sedangkan rombongan kita yang lain nungguin di Basecamp (dengan mandi dan makan, dan ngobrol sama cewek cakep yang ketemu di atas tadi, sialan). Ternyata sampai di bawah, angkot juga udah ga ada. Lalu naik motor lagi, dianter lah sampai ke terminal Kuningan. Itu jauh loh dari Basecamp. Mungkin ada setengah jam lebih lah. Gakpapa katanya, sejalur. Iyakah? Gak ngerti. Sampai situ mereka, iya mereka semua 6 orang nyebar di jalan, nyari angkot yang bisa dicarter. Sudah dapet satu, lalu dilepas karena mahal. Berapa emang? 200 ribu. Lah itu udah murah kan? Belom katanya, normalnya 100 ribu. Ya Allah, ini baiknya kebangetan yah? Haha udah repot-repot nyariin carteran, nyari yang murah pula. Singkat cerita, dapetlah kita angkot seharga 150 ribu. Itu katanya masih mahal, tapi saya mah udah lah biar haha, itu udah murah mas. Makasih. Iya. Saya bingung ngasih apa karena gak bawa apa-apa kecuali sebungkus rokok. Saya kasihlah, karena kalau di bawah saya juga ga bakal nyebul. Makasih ya. Iya.

Berikutnya adalah si sopir angkot sendiri. Dan satu penumpang yang entah kenapa ada dan mau-maunya ikut kita balik ke basecamp buat jemput kawan-kawan. Tuhan memang pembuat skenario yang baik, dan hari itu mungkin emang lagi pengen agak drama gitudeh. Angkot macet di jalan nanjak dan basecamp masih agak jauh. Macet di jalan kecil di desa entah apa namanya. Sopir angkot bingung karena dia gak gitu ngerti mesin. Hahaha piye jal? Dia pikir mungkin solarnya habis, sementara disini gak ada pom bensin. Dia telpon ke temennya, tapi temennya entah lagi apa yang intinya mungkin ga bisa atau mungkin bisa tapi lama. Akhirnya jalan lah dia kebawah buat nyari solar. Ditemenin engga pak? Engga usah dek (pake bahasa sunda). Sementara beliau nyari solar, saya ngobrol sama penumpang lain. Cerita kalau juga pernah naik Ciremay, dan lain sebagainya sampai agak lama. Sambil sesekali diklakson sama mobil lain karena dikira ini ngapain angkot malem-malem berhenti di tengah jalan? Macet pak. Pak sopir pun balik setelah berapa lama. Keringetnya ya ampun. Solar sudah diisi tapi mesin belum nyala. Sebenernya saya laper dan udah agak pesimis bisa ngejar kereta buat balik ke Jakarta. Tapi ya gapapa, mungkin emang udah rejeki kitanya.

Singkat cerita, karena gak jauh dari kita ada mobil pick up (yang notabene mesinnya sama kayak angkot), pak sopir pun nyari tahu siapa yang punya pick-up tersebut. Ngetuk rumah warga dan keluar ibu-ibu. Setelah jelasin sedemikian rupa, dianterlah ke yang punya pick-up. Semua itu dalam bahasa sunda sehingga saya ga ngerti. Sementara mereka ngebenerin pick-up, saya dan pak penumpang lain tadi ngobrol sama ibu-ibu dan suaminya yang juga kemudian keluar. Sudah tua mereka, dan bahasa yang keluar cuma bahasa sunda. Karena ngobrol adalah komunikasi dua arah, mau nggak mau saya juga harus jawab. Kalau diingat-ingat waktu itu malu juga karena bahasa saya amburadul dan kasar. Maaf ya pak, semoga dapat dimengerti. Dan alhamdulillah disuguh pisang dan air putih hangat. Dan obrolan tentang Jokowi dan Prabowo. Haha hits banget itu mah temanya emang.

Angkot nyala setelah sekian lama. Alhamdulillah. Pamit sama bapak-ibu yang baik tersebut. Pamit sama mamang yang punya pick-up yang secara keren bisa benerin angkotnya. Jemput teman-teman di basecamp yang sudah sepi. Lalu ngebut ke stasiun Cirebon. Ngebut literally. Nganterin penumpang yang lain tadi dulu tentu. Kereta masih lama berangkat pas kita sampai sana. Makasih ya pak. Iya. Bayar carteran dan sedikit dilebihin karena keren nyetirnya dan udah susah-susah jalan kesana-kemari buat benerin angkotnya. Lalu ngegembel di stasiun. Lalu pulang. Tidur di kereta. Terimakasih ya, Mai.

You Might Also Like

1 comments