Cerita-cerita tentang Gothenburg

6:07 AM

Hej!
Mumpung blog udah di update layoutnya jadi agak kece, sepertinya ini waktu yang pas buat nulis lagi setelah pindahan gara-gara entah kenapa sekolah lagi. Pindah negara. Ke Swedia. För Sverige - i tiden. 

cie di yurop
3 bulan di Gothenburg, lumayan juga udah lihat beberapa hal yang mungkin bisa dibikin cerita. Buat postingan pertama, paling enak mungkin bahas beberapa hal yang langsung kelihatan beda dari kampung halaman. Hal-hal yang kayaknya simpel dan mungkin suatu saat bisa dibikin juga disana.


Sekolah

hawa-hawa pas exam week
Karena niatnya kesini buat sekolah, maka cerita tentang sekolah dulu. Referensi dari Chalmers (tempat saya kuliah sekarang), sebenernya kuliah disini ga beda-beda jauh sama di Indonesia. Kuliah biasa, dengerin dosen (slide ppt-nya juga biasa aja, ga yang wah gitu), kadang-kadang dikasih tugas, kadang-kadang study visit, kadang-kadang ada dosen tamu, terus pada akhirnya ada exam (atau home exam). Bedanya, disini (dan negara-negara eropa lain mungkin) pakai sistem quarter. Artinya, 1 tahun ada 4 period. 1 period biasanya dapet 2 makul (kecuali jurusannya Titis di arsitek sana yang sistemnya beda sendiri). Jadi 2,5 bulan sekali ada exam. Anjir sih emang karena jadi buru-buru banget belajarnya (tapi ini malah nulis blog). Kalo telat dikit agak ribet ngejarnya. Kayak kemarin di period 1 masih sante-sante, akibatnya mungkin 2 makul kayaknya failed (sampe tulisan ini ditulis belom dipublish hasilnya huhu). Tapi masih maen game sama nonton film sih tetep, disempet-sempetin. Yang beda lagi mungkin soal disiplin. Dosen biasanya udah masuk kelas 10 menit sebelom pelajaran mulai buat nancep-nancepin kabel laptop ke proyektor dan siap-siap. Misal di jadwal mulai jam 8 pagi, jam 8 teng doi udah mulai start ngomong. Kece. Terus bedanya lagi, disini bisa kuliah 4 jam berturut-turut dengan makul yang sama. Tapi tiap 45 menit ada break 15 menit. Mayan bikin seger kalo udah ngantuk banget. Bisa beli kopi dulu di Linsen harga 10 SEK sebelom lanjut kuliah lagi nanti. Atau nanya-nanya ke dosen kalo belom ngerti. Atau mungkin solat kalau belum di SU.


Transportasi

trem, baru sadar ga punya foto transportasi disini yang agak proper
Dulu waktu sebelum dateng kesini, katanya disuruh lihat västtrafik buat transport disini nanti. Mengingat kontur Gothenburg yang berbukit-bukit, pasti ga enak buat naik sepeda. Jadi mau ga mau harus ngerti gimana transportasi umum disini. Seperti kamu juga mungkin, pertama kali website nya sih langsung kayak wtf ini apaan. Udah ganti english pun tetep ga ngerti. Tapi ternyata setelah nyampe sini simpel juga ternyata. Jadi di Gothenburg, transportasi umum semacam dimonopoli sama si västtrafik tadi (kayaknya kota lain beda lagi). Jadi mau kamu naik bis, trem, kapal (iya kapal) semua diatur sama västtrafik. Kamu cukup beli kartu västtrafik (450 SEK sebulan), ngetap mesin sekali buat aktifin, terus udah deh bebas naik apa kemana selama masih di Gothenburg sampe sebulan kedepan. Jadi misal suatu saat entah kenapa pengen naik bis dari Mejerigatan, terus pindah naik trem di Korsvägen ke Saltholmen, terus pengen ke island hopping naik kapal, yaudah ga usah bayar-bayar ekstra lagi. Tinggal naik duduk tenang damai karena si sopir ga bakal ngecek kartumu. Ga ada transaksi di dalem bis. Technically, kamu bisa naik aja langsung tanpa bayar kalo ga bawa kartu, tapi sewaktu-waktu secara random ada petugas yang ngecek kartumu aktif ngga. Kalo pas bejo ga bawa atau udah abis masa aktifnya, bisa kena denda kalo ga salah 1250 SEK, lupa. Artinya, siap-siap puasa 3 minggu. Btw, ada pilihan lain dari tiket harian, 1 bulan, 3 bulan, atau kalau ngga sering-sering amat bisa beli saldo terus bayar sekali ngetap 26 SEK buat 90 menit kemanapun naik apapun.


Bersosialisasi

bukan party sih ini
Waktu hari pertama sekolah di acara apasih itu namanya, semacam penerimaan mahasiswa baru, si Abhyram (mungkin typo), MC acara waktu itu, nyebut si rektor cuma pakai nama doang, "dipersilakan waktunya ke Stefan!". Gapake pak ato mister. Disini ternyata hubungan sesama manusia agak santai, ga terlalu butuh formalitasi ini itu. Jadi manggil siapa aja gausah ribet pake mas mbak pak bu. Lumayan enak walau kadang canggung juga. Dosen juga jarang banget pake baju formal. Paling hem biasa, malah kadang sweater ato kaosan. Mahasiswanya yang malah kadang kelewat rapi karena, you know, fashion. Soal bahasa, disini rata-rata pada fasih bahasa inggris. Ga semua sih, kadang ada yang ga bisa juga. Fasih tapi ga yang banget-banget juga karena kadang mereka juga masih sering pake google translate kalo nulis laporan. Bedanya, google translate svenska-english sepertinya lebih kece dari indonesia-english. Terus, jumat malem atau kalo emang selo biasanya pada fika. Semacam kongko di kafe minum kopi (atau apalah yang lain) dan kue manis, biasanya kannebular. Btw saya baru sadar, fika ternyata kaffe (kopi di Svenska) dibalik. Kaffe-ka-ffe-ka-ffe-ka-fi-ka. Fika. Ikut-ikut kera ngalam mungkin. Sama disini sering party. Kayak, apa-apa bisa dijadiin alesan buat party. Penerimaan maba, halloween, party international student, ultah temen, pubcrawl, dsb dsb. Di kosan bahkan tiap hari rabu ada party di pub bawah. Saya ga pernah ikut karena cupu. Mungkin kapan-kapan.


Belanja

di restoran Ikea, ga beda jauh sama yang ada di alam sutra kok
2 bulan pertama disini bagi mahasiswa baru mungkin akan berasa kuno banget karena bayar apa-apa pake duit fisik. Karena hampir semua transaksi disini cashless. Bahkan misal cuma beli chips 8 SEK, biasanya orang-orang tetep bayar pake kartu karena jarang banget yang bawa cash. Bahkan di kampus saya, semua transaksi harus cashless, ga boleh pakai duit fisik. Cara bayar cuma bisa pake kartu atm ato kartu mahasiswa yang bisa diisi saldo (yang belinya saldo-nya juga ga boleh pake duit fisik, ribet ga sih?). Enak ga enak sih. Ga enaknya buat maba yang belom punya kartu bank, jadi agak terbatas buat beli ini itu karena mereka lebih prefer cashless. Tapi enaknya juga kalo kartu bank udah jadi, apa-apa jadi ga ribet, tinggal gesek beres. Agak bahaya kalo ga ngontrol karena ga ngantongin duit fisik. Kalau kamu misal nanya lah terus kalo pengen bayar patungan gimana? atau mau ngutang masa transfer dulu kan ribet? Disini ada app namanya Swish. Kamu bisa transfer duit via nomer telpon pake smartphone-mu, pencet pencet dikit terus beres ga pake ribet.


Personnumer dan Bank

ga ada foto yang nyambung, tapi kayaknya bank ga jauh-jauh dari situ
Kenapa 2 bulan pertama? Karena ngurus bank disini super ribet. Pertama, dateng-dateng kamu harus bikin personnumer. Jadi di Swedia, tiap orang yang ada disini punya personal number pribadi yang terkoneksi ke seluruh fasilitas disini mulai dari rumah sakit, bank, kantor-kantor lain, dll dll. Ga gitu ngerti sih tapi gitu deh. Bikin personnumer aja bisa ngabisin 2-3 minggu. Abis jadi, kamu harus bikin idkort. Kalau personnumer cuma nomer doang, idkort ini semacam KTP fisiknya. Ini juga sama 2-3 minggu baru jadi. Sebenernya ga ribet sih ngurusnya, tapi masa tunggunya aja yang lama. Tapi yang kece pelayanannya sih. Begitu kamu dateng, langsung diarah-arahin sama petugasnya yang jemput bola gitu (yang bajunya ga formal, jadi keliatan cakep) nanya perlunya apa dsb dsb. Cepet banget, di kantor sverket ga ada setengah jam udah kelar. Detailnya kalau mau tahu mungkin kapan-kapan deh, atau googling aja mungkin lebih bener hehe. Nah, abis idkort jadi, baru ke bank ngurusin account. Karena dulu sebelum punya personnumer ngotot bikin akun bank demi bisa dapet uang hidup dari LPDP, jadi waktu itu dibolehin pake personnumer fiktif. Tapi pas idkort udah jadi, jadi harus diverifikasi ulang yang makan waktu lagi. Total ada 2 minggu sampai akhirnya dapet kartu dan pin-nya yang dikirim terpisah. Fiuh akhirnya bisa belanja dengan nyaman. Bisa belanja online dan beli tiket konser dengan lancar. Hore.

Mungkin itu dulu. Ada banyak sih yang pengen diceritain lagi, kayak soal buang sampah, equality disini, hal hal sustainability, bersihin pup pake tisu kering, dan lain-lain. Mungkin lain kali kalau lagi kena distraksi lagi pas garap tugas seperti saat ini.

Hej do!

You Might Also Like

0 comments